INFORMASI

MENU BUKA PUASA

Mau Buka Puasa tapi bingung menunya apa yaaa? Hemmm menu berbuka puasa orang Indonesia biasanya tidak pernah lepas dari menu pembuka yang namanya kolak, es buah, es sirup, dan minuman manis lainnya yang mengandung banyak gula. Tapi sadarkah bahwasannya menu tersebut teramat tidak sehat untuk mengawali berbuka puasaterlebih bagi orang yang menderita gejala diabetes.

Jika menu tersebut di konsumsi dalam satu bulan berturut-turut selama bulan Ramadhan maka dapat dipastikan bahwa disaat menjelang hari Raya ataau bahkan hari Raya seringkali Rumah sakit dipenuhi dengan orang yang mengeluhkan berbagai penyakit seperti gejala Diabetes atau bahkan si penderitaDiabetes kmengalami kondisi penurunan daya tahan tubuh kemudian, Hipertensi, Asam Urat dan masih banyak penyakit lainnya. Tentunya kita tidak ingin bukan jika halitu terjadi apalagi disaat Hari Raya yaitu,Hari kemenangan Umat Islam setelah sebulan berpuasa.

Sebagai Umat Islam tentunya kita sudah sering mendengar tentang salah satu anjuran Nabi Muhammad Shallallohu’alaihi wa sallam untuk berbuka dengan kurma keringatau basah yang tentunya belum direndam dengan airgulaya kurmanya seperti yang sering di jual oleh pedagang yang kurang terpercaya dan air juga minumlah putih. Dengan mengkonsumsi Kurma dan Air putih energi kita akan kembali terpenuhi dan gula darah pun akan tetap normal sehingga kestabilan kesehatan kita selama berpuasa akan selalu terjaga.

Kurma dan air Putih, Sehat dan Barokah

Mungkin sebagian orang akan bertanya kenapa harus berbuka  dengan kurma atau air putih? Bukankah masih banyak menu makanan dan minuman yang lebih bergizi? Mungkin sebagian orang ;ebih memilih berbuka puasa dengan minuman yang mengandung banyak gula.

Namun bagi seorang Muslim yang komitmen mengikuti dan meneladani Rasul selalu yakin bahwa sebaik-baik petunjuk dan resepadalah yang berasal dari Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam. Terkait berbuka dengan air putih dan kurma Rasullullah Shallallahu’alaihi wa sallam terangkan bahwa masing-masing dari keduanya suci danberkah. Berkah sendiri artinya kebaikan yang banyak dan langgeng. Orang yang berbuka dengan kurma akan memperoleh berkah, berupa pahala dan kebaikan yang banya Diantara berkah berbuka puasa dengan kurma adalah mendapatkan khasiat yang terkandung dalam kurma.

Kurma mengandung zat-zat penting dibutuhkan setelah seharian lambung kita kosong tidak terisi oleh makanan dan minuman. Karena itu, saat berbuka puasa, organ pencernaan kita (khususnya lambung) membutuhkan sesuatu yang lembut agar dapat bekerja kembali dengan baik. Jadi, makanan yang masuk harus yang mudah dicerna serta mengandung gula dan air dalam satu makanan. Tidak ada makanan yang mengandung gula dan air yang lebih baik daripada yang disebutkan oleh hadits Rasul. Nutrisi makanan yang paling cepat bisa dicerna dan sampai ke darah itu adalah zat gula, terlebih makanan yang mengandung satu atau dua dzat gula. Dan itu terdapat dalam kurma.

Dr. Hissam Syamsi Basya dalam tulisannya sebagaimana dikutip dalam eramuslim.com menjelaskan, berdasarkan penelitian biokimia, satu kurma yang kita makan itu mengandung air 20-24%, gula 70-75%, 2-3% protein, 8,5% serat, dab sedikit sekali kandungan lemak jenuhnya (lecithine). Lain lagi dengan kurma Ruthob yang mengandung 65-70% air, 24-58% zatgula, 1,2-2% protein, 2,5% serat, dan sedikit mengandung lemak jenuh.

Penutup & Kesimpulan

Dengan kita mengikuti anjuran Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam untuk mengawali berbuka puasa dengan mengkonsumsi kurma, maka kita juga telah menjaga kesehatan kita tentunya saat melanjutkan makan berat selain kurma juga harus tetap dijaga kesehatannya namun, jika ketika kurma tidak ada atau mungkin tidak mampu kita beli maka air putih juga menjadi solusi baik dan sehat untuk mengawali berbuka puasa

Dari penjelasan di atas diperoleh simpulan

  • Memperoleh pahala karena mengikuti tuntunan Rasul.
  • Memperoleh manfaat kesehatan, karena kurma mengandung air putih mengandung zat yang sangat baik bagi tubuh. Semoga Allah mengaruniakan taufiq untuk selalu mengikuti sunnah Nabi-Nya dalam setiap ibadah kita.