HTML Informatika Pemrograman

PENGENALAN HTML, FUNGSI HTML DAN CONTOH SCRIPT HTML

Ketika Kalian melihat sebuah halaman web dalam sebuah web browser (Mozilla, Google Chrome dll), Kalian melihat kata, kalimat, gambar-gambar dan media pendukung lainnya, maka sebenarnya kalian sedang melihat hasil dari susunan kode-kode html.

SEJARAH SINGKAT HTML

Di akhir tahun 1980an, Tim Berners-Lee bekerja sebagai seorang physicist di CERN (Sebuah Organisasi untuk research nuklir di eropa). Beliau merancang sebuah jalan bagi para scientis untuk berbagi dokumen melalui internet. Pada era tersebut komunikasi melalui internet hanya terbatas pada dokumen teks biasa menggunakan beberapa teknologi seperti email dsb, Hal ini kemudian menghasilkan penciptaan HTTP (mekanisme untuk memindahkan data antara komputer Kalian dan komputer server), URL (skema pengalamatan) dan HTML, kemudian HTML dikenal  pada Oktober 1990, dan dikembangkan terus dan digunakan sampai sekarang.

PENGERTIAN HTML

HTML atau yang merupakan singkatan dari Hypertext Mark Up Language adalah bahasa standar pemrograman untuk membuat suatu website yang kemudian dapat diakses dengan web browser yang sebelumnya terkoneksi dengan internet. Dengan kata lain halaman website yang kita lihat dan kita baca sebelumnya telah disusun dengan menggunakan bahasa ini (HTML) dan kemudian diterjemahkan oleh komputer sebuah tampilan website. HTML merupakan bahasa pemrograman standar pembuatan website, yang kode dan simbolnya telah ditentukan sebelumnya oleh pengembang HTML.

FUNGSI HTML

HTML yang dikenal sebagai bahasa pemrograman dalam ilmu komputer memiliki beberapa fungsi, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Fungsi utama HTML yang diketahui adalah untuk membuat suatu halaman website yang bisa dibaca dan dipahami oleh pengguna dengan lebih mudah. Seluruh laman website yang ada dalam internet dibuat dengan html dan tidak ada pengecualian.
2. Menandai teks pada suatu laman, html ditulis pada suatu halaman dokumen dengan tag atau simbol tertentu dimana simbol dan tag tersebut akan menandai teks menjadi tebal, miring, bergaris tebal dan lain sebagainya. Misal jika kita membuat suatu teks menjadi teks miring atau italic, dalam laman html dituliskan kode <i>, <b> untuk teks tebal dan <u> untuk teks bergaris bawah.
3. Sebagai dasar website, website yang dibuat tentunya memiliki beberapa fitur yang dibuat dengan menggunakan java script (untuk mengatur perilaku web), implemetasi bahasa pemrograman server PHP, dan mendesain web menggunakan CSS. Semua bahasa tersebut dapat diaplikasikan jika web memiliki bahasa html sebagai dasarnya.
3. Menampilkan tabel, gambar, video, dan lainnya. Biasanya dalam website atau blog kita tidak bisa langsung meletakkan tabel, gambar maupun video oleh sebab itu komponen tersebut diletakkan pada web dengan menggunakan bahasa html.
4. Menandai elemen dan membuat online form, html juga berfungsi untuk menandai bagian-bagian dalam website diantaranya header, main, footer, navigation dan lain sebagainya. Selain itu html juga biasanya digunakan sebagai bahasa dalam membuat suatu online form atau formulir digital.

BEBERAPA KODE DASAR HTML

  1. <html></html> : digunakan untuk memulai dan menutup sebuah halaman website
  2. <head></head> : digunakan untuk informasi atau judul sebuah halaman website
  3. <body></body> : digunakan untuk memulai dan menutup area konten atau isi sebuah halaman website

CONTOH SCRIPT HTML

<html>
<head>
    <title>ZONA MATERI</title>
</head>
<body>
    Belajar HTML di ZONA MATERI
</body>
</html>