Akuntansi Ekonomi IPS

SISTEM INFORMASI EKSEKUTIF

2.1 Sistem Informasi Eksekutif (EIS)

  1. Elemen sistem informasi eksekutif: Database, presentation futures, other decision-support activities, application development feature, typical installation configuration
  2. Keuntungan dan keterbatasan sistem informasi eksekutif
  3. Proses bisnis yang dipengaruhi oleh sistem informasi eksekutif:
  4. Organisasi data dan akses.
  5. Sistem Pelaporan manajemen
  6. Pengembangan Software
  7. Software dan Hardware
  8. Computer system downsizing and rightsizing.

2.2 Sistem Informasi Eksekutif

Pengertian Sistem Informasi Eksekutif adalah Merupakan suatu sistem yang menyediakan informasi bagi Eksekutif mengenai kinerja keseluruhan perusahaan, informasi dapat diambil dengan mudah dan dalam berbagai tingkat rincian dan memudahkan serta mendukung keterangan dan pembuatan keputusan kebutuhan dari eksekutif senior dengan menyediakan kemudahan akses terhadap keduanya internal dan eksternal keterangan relevan untuk bertemu gol strategis dari organisasi. Ini biasanya dipertimbangkan sebagai satu bentuk dikhususkan dari satu sistem mendukung keputusan (DSS).

2.3 Elemen Sistem Informasi Eksekutif

Sistem Informasi Eksekutif (EIS) bukanlah suatu teknologi khusus, EIS merupakan sistem aplikasi yang menggunakan berbagai unsur teknologi seperti antar muka grafis, personal computer, basis data relasional dan jaringan komunikasi data untuk menampilkan data-data penting perusahaan kepada manajemen. Implementasi EIS normalnya akan memasukkan fitur-fitur database  dan penampilan data, selain itu EIS juga akan menggunakan fitur-fitur pendukung pengambilan keputusan lainnya seperti pengolah angka dan memiliki fitur pengembangan aplikasi seperti bahasa pemrograman generasi keempat.

2.4 Fitur Antarmuka Basis Data

  1. Database yang tersedia

EIS dapat mengakses database eksternal yang memberikan para eksekutif dengan informasi industri dan jasa berita bisnis. EIS dengan akses ke database berita eksternal harus efektif menyaring data dalam jumlah besar untuk menjadi efektif.

  1. Database multidimensi

Untuk EIS menjadi lebih efektif, harus dapat mengakses database yang dapat diatur dalam berbagai cara dan ditampilkan dalam pandangan multidimensi.

  1. Ketepatan waktu dari data

Manajer operasional memerlukan informasi secara real-time, sehingga EIS harus dirancang untuk menghasilkan sebuah informasi lebih interaktif dan on-line update informasi. Dengan cara ini, manajer dapat memanfaatkan informasi untuk mengintervensikan dalam sebuah proses.

  1. Informasi yang lunak

Informasi yang lunak adalah untuk meningkatkan dalam EIS. Informasi yang lunak dapat dijelaskan secara langsung atau diatur dalam database yang terpisah.

2.5 Fitur Tampilan

  1. Graphics

EIS terus menggunakan layar yang sangat grafis dan menu sebagai fitur utama.

  1. Bahasa Natural

Bahasa natural secara interface menghilangkan kebutuhan untuk perintah komputer yang rumit, bukan menggunakan seperangkat perintah yang serupa dengan bahasa sehari-hari.

  1. Mouse Control

Alasan di balik pengaturan ini adalah bahwa eksekutif yang tidak menggunakan keyboard biasanya merasa lebih nyaman menggunakan mouse.

  1. Komunikasi

EIS menyediakan sistem secara alami bagi para eksekutif untuk berkomunikasi dengan mengintegrasikan fasilitas e-mail yang mudah digunakan ke dalam EIS.

2.6 Kegiatan Pendukung Pengambilan Keputusan Lainnya

  1. Drill Down

Analisis drill-down adalah kemampuan untuk memulai dari nomor agregat dan kemudian memeriksa data yang mendasari lebih rinci.

  1. Integrasi Dengan Spreadsheets

Sering kali, EISs yang terintegrasi dengan spreadsheet. Integrasi ini memfasilitasi analisis data dengan menggunakan kemampuan penuh spreadsheet. Sebagai contoh, EIS dirancang oleh layanan informasi kesehatan CIGNA memungkinkan data diekstraksi untuk diekspor langsung ke program spreadsheet.

  1. Pendukung Keputusan

Dalam beberapa situasi, EISs juga menawarkan alat-alat analisis yang lebih canggih daripada yang disediakan oleh standar spreadsheet. Sebagai contoh, EIS mungkin memberikan analisis time series, analisis statistik atau analisis optimasi menggunakan alat seperti pemrograman linier.

  1. Penemuan Pengetahuan

Penemuan pengetahuan menggunakan komputer untuk memanipulasi data untuk mencoba mencari pengetahuan dalam data tersebut. Meskipun penemuan pengetahuan di masa lalu, namun sudah ada tersedia alat yang dapat digunakan untuk menggunakan tren atau perilaku dari data. Alat-alat pencarian pengetahuan belum menjadi hal terpenting dari EIS pada saat ini, tetapi penelitian dalam integrasi alat tersebut terus dilakukan.

2.7 Fitur Pengembangan Aplikasi

  1. Keempat-Generation Programming Language

EIS harus menggunakan bahasa tingkat tinggi, berorientasi pengembang untuk mengembangkan aplikasi. Perintah bahasa harus mencakup permintaan perintah untuk mengekstrak data, serta perintah untuk fungsi-fungsi matematika dan statistik

  1. Shells Sistem Informasi Executive

Ada sejumlah EIS pengembangan Shells tersedia untuk memfasilitasi pengembangan aplikasi. ini memberikan pengembang dengan pengguna pembangunan ramah fitur, seperti windows dan petunjuk, yang mencari kode dan perintah, dan dapat memberikan pengembangan bantu, seperti sudah terformat permintaan pernyataan, yang meminta pengembang untuk data pilihan dan mengurutkan parameter.

  1. Logika Berbasis Aturan

Berdasarkan aturan logika EIS umumnya memungkinkan pengembang untuk membangun kecerdasan ke dalam sistem dengan menggunakan aturan berbasis heuristik. Heuristik ini dapat membantu mencarian melalui data dengan membatasi pencarian data yang hanya melebihi perubahan parameter tertentu.

2.8 Konfigurasi Umum Implementasi

  1. Mainframe untuk midrange dengan software EIS dikemas atau diubah. EIS informasi download dari mainframe ke komputer kecil atau midrange dalam proses yang disebut pentahapan. Biasanya, sistem informasi manajemen (MIS) staf departemen menangani pentahapan dalam proses batch dalam waktu semalam.
  2. Midrange atau daerah jaringan adalah segmen dengan pertumbuhan tercepat dari pasar EIS. Software EIS dikemas dalam kategori ini ditujukan untuk pasar massal dan biasanya mempekerjakan klien-server teknologi.
  3. Mainframe, midrange, atau LAN ke PC dengan off-tke-rak spreadsheet dan grafik paket. Ini adalah biaya terendah dan konfigurasi sederhana. Dalam nya EIS, Land Rover Amerika Utara, Inc download data dari komputer midrange ke LAN. Menggunakan bahasa makro Lotus 1-2-3®, EIS format data ke spreadsheet.

2.9 Keuntungan dan Keterbatasan Sistem Informasi Eksekutif (EIS)

Alasan utama untuk mengimplementasi EIS adalah untuk mendukung proses pengambilan keputusan eksekutif yang menggunakan fitur-fitur yang disediakan oleh EIS sebagai berikut:

  1. Integrasi Informasi

Kemampuan utama dari EIS adalah mengumpulkan informasi yang berdasar dari berbagai sistem informasi yang ada dalam perusahaan, baik informasi operasional yang berasal dari lantai produksi, penjualan, maupun iinformasi yang berasal dari bagian akuntansi maupun informasi statistik yang berasal dari bagian riset dan pengembangan. Selain itu kemampuan EIS lainnya adalah kemampuan untuk menggabungkan data internal dan eksternal, informasi eksternal misalnya statistiks yang berasal dari pemerintah, basis data industri dan layanan berita online.

  1. Tampilan yang Didesain Khusus (Specialized Display)

Kadang laporan tercetak tidak memiliki tampilan informasi yang jelas atau mudah dibaca. EIS menggunakan tampilan berupa grafik atau gambar-gambar serta warna untuk merepresentasikan informasi, shingga sangat membantu senior eksekutif dalam membaca informasi yang ada, selain itu kemampuan untuk membaca informasi secara bertingkat (drill dwon) juga merupakan fitur  yang sangat membantu.

  1. Pengembangan yang cepat (Rapid Developmment)

Aplikasi Eis pada umumnya memiliki alat-alat bantu yang memungkinkan pengembangan aplikasi secara cepat, yang dapat digunakan oleh programmer maupun pengguna biasa untuk mengembangkan sistem, sehingga pemrograman untuk mengembangkan fitur-fitur yang baru dari EIS dapat dikembangkan dengan lebih cepat.

  1. Pelaporan Penyimpangan (Exception Reporting)

Salah satu kemampuan dari EIS adalah kemampuan untuk menyaring data rutin, Eksekutif menggunakan EIS untuk mendapatkan peringatan-peringatan pada saat terdapat indikator-indikator kunci yang berada di luar kondisi normal, pesan-pesan tersebut dapat diberikan dalam bentuk pesan, email, ataupun suara.

  1. Peningkatan Komunikasi Organisasi

Eis memang dibuat dengan maksud untuk mendukung komunikasi dalam organisasi, sehingga EIS dapat meningkatkan komunikasi dalam organisasi.

  1. Keuntungan Strategik Terkait Penjualan

EIS dapat digunakan sebagai alat ukur untuk mengkompilasi dan mengumpulkan informasi-informasi strategis mengenai konsumen yang berasal dari berbagai sumber.

  1. Keunggulan Bersaing

Informasi yang tersedia dalam EIS dan kemampuan EIS dalam melakukan penyaringan data, menemukan tren ataupun penyimpangan pada akhirnya dapat digunakan oleh perusahaan untuk melakukan strategi-strategi yang sebelumnya tidak dapat dilakukan sehingga meningkatkan keunggulan bersaing perusahaan.